Jumat, 27 September 2013

Antibodi hiu adalah obat kanker payudara?

Peneliti kini tengah mencari obat kanker payudara di dalam ikan hiu. Mereka berharap antibodi di tubuh hiu adalah kunci 'Herceptin' yang baru.
Herceptin sendiri merupakan jenis obat yang dikembangkan sejak 25 tahun yang lalu. Obat tersebut mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara. Sayangnya, Herceptin terkadang tidak mampu mengobati seluruh jenis kanker, sehingga perawatan lain masih tetap diperlukan.
"Kami sudah mencoba menyuntikkan protein HER2 (pendukung pertumbuhan kanker) pada tubuh hiu untuk memicu produksi antibodi dalam melawan kanker," papar Dr Helen Dooley dari Aberdeen University.
Peneliti kemudian membiarkan hiu dan memeriksa hasilnya beberapa bulan kemudian. Jika antibodi hiu terbukti berhasil melawan kanker, peneliti baru akan menciptakan versi sintetis yang bisa digunakan sebagai obat.
Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, antibodi hiu dipercaya mampu melawan kanker karena kelebihannya yang bisa menyusut dan mengincar protein HER2.
"Herceptin adalah obat yang ampuh, sayangnya tidak semua wanita memiliki respon yang sama atau akhirnya kebal setelah beberapa waktu. Jadi kami berharap antibodi hiu ini benar-benar berhasil melawan kanker," papar Dr Dooley.
Mengingat percobaan ini baru memasuki babak awal, penemuan obat kanker payudara jelas membutuhkan waktu yang cukup lama.
Meskipun demikian, peneliti berjanji bahwa jika antibodi hiu akhirnya berhasil melawan kanker, mereka akan mengusahakan untuk memasarkan obat pelawan kanker dengan harga yang terjangkau.

M.R.P & Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar